Jumat, 13 Januari 2017

Fungsi, Bentuk, Hakikat, Prinsip dan Ruang lingkup Komunikasi Bermedia



BAB I



PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari didasarkan pada bagaimana kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dengan cara yang wajar. Dalam membangun hubungan tersebut, terbukti komunikasi, keahlian, seni dan kecerdasan berkomunikasi merupakan salah satu kunci kesuksesan. Semua mempunyai kemapuan membuat perubahan melalui berbagai prinsip-prinsip komunikasi, bentuk dan jenis komunikasi termasuk verbal - non verbal yang baik dan benar.  Perlu diingat bahwa cara kita berkomunikasi merupakan pendorong utama dalam menumbuhkan semangat pada diri sendiri, orang lain dan publik. Tidak ada usaha yang lebih penting dan menarik untuk meraih keberhasilan, kesuksesan, menumbuhkan percaya diri, terciptanya hubungan antar manusia yang harmonis, saling memuaskan, bahkan keberhasilan dalam organisasi, dalam bermasyarakat dari pada mempelajari keahlian, seni berkomunikasi, membangun kecerdasan komunikasi.


BAB II



PEMBAHASAN

2.1. Ruang Lingkup, Definisi Dan Fungsi Komunikasi Bermedia

1.      Ruang Lingkup
            Komunikasi adalah suatu proses yang menyangkut hubungan antara manusia dengan lingkungan disekitarnya. Tanpa komunikasi manusia akan terpisah dari lingkungannya. Tapi tanpa lingkungan komunikasi akan menjadi kegiatan yang tidak relevan. Dengan kata lain manusia berkomunikasi sebab perlu mengadakan hubungan dengan lingkungan. Ketika Dalam berkomunikasi, manusia tentunya memerlukan media komunikasi.Pengertian media komunikasi adalah semua sarana yang dipakai untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan ataupun menyebarkan dan juga menyampaikan Informasi.

2.      Definisi
Banyak definisi tentang komunikasi massa yang telah dikemukakan oleh para ahli komunikasi. Banyak ragam dan titik tekan yang dikemukakannya. Namun dari sekian banyak definisi satu sama lain pada dasarnya komunikasi massa adalah komunikasi melalui media massa (media cetak dan elektronik). Dan komunikasi massa adalah sebagiarrrn dari bentuk-bentuk komunikasi yang dikenal dengan ilmu komunikasi, salah satu ciri yang membedakan komunikasi massa dengan komunikasi lainnya yaitu penggunaan media sebagai alat penyampai pesannya dan juga sebagai alat berkomunikasi.

3.      Fungsi
Mengenai fungsi komunikasi itu, dalam buku Aneka Suara, Satu Dunia, di terangkan dengan cukup gambling yang patut disimak oleh para mahasiswa dan peminat komunikasi. Di uraikan disitu bahwa apabila komunikasi dipandang dari arti yang lebih luas, tidak hanya diartikan sebagai pertukaran berita dan pesan, tetapi sebagai kegiatan individu dan kelompok mengenai tukar menukar data, fakta dan ide. maka fungsinya dalam sistem sosial adalah sebagai berikut:
Informasi : pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, penyebaran berita, ata, gambar, fakta dan pesan, opini dan komentar yang dibutuhkan agar orang dapat mengerti dan beraksi secara jelas terhadap kondisi internasional, lingkungan, dan orang lain dan agar dapat mengambil keputusan yang tepat.
Sosialisasi : penyebaran sumber ilmu pengetahuan yang memungkinkan orang bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakat yang efektif yang menyebabkan ia sadar akan fungsi sosialnya sehingga dia dapat aktif di dalam masyarakat.
Motivasi : menjelaskan tujuan setiap masyarakat jangka pdendek maupun jangka panjang, mendorong orang menentukan pilihannya dan keinginannya, mendorong kegiatan individu dan kelompok berdasarkan tujuan bersama yang akan dikejar.
Perdebatan dan Diskusi : menyediakan dan saling menukar fakta yang diperlukan untuk memungkinkan persetujuan dan menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai masalah public, menyediakan bukti-bukti yang relevan yang diperlukan untuk kepentingan umum dan agar masyarakat lebih melibatkan diri dalam masalah yang menyangkut kegiatan bersama di tingkat internasional, nasional, dan local.
Pendidikan : pengalihan ilmu pengetahuan sehingga mendorong perkembangan intelektual, pembentukan watak, dan pendidikan keterampilan serta kemahiran yang diperlukan pada semua bidang kehidupan.
Memajukan kebudayaan : penyebarluasan hasil kebudayaan dan seni dengan maksud melestarikan warisan masa lalu, perkembangan kebudayaan dengan memperluas horizon seseorang, membangunkan imajinasi dan mendorong kreatifitas serta kebutuhan estetikanya.
Hiburan : penyebarluasan sinyal, symbol, suara dan citra dari drama, tari, kesenian, music, komedi, olahraga, permainan, dan sebagainya untuk rekreasi dan kesenangan kelompok dan individu.

2.2. Hakikat dan Bentuk Komunikasi Bermedia

1.      Hakekat Komunikasi
Hakikat komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk menyampaikan isi pesannya kepada manusia lain untuk mencapai tujuan tertentu. Manusia hidup dalam dunia komunikasi. Setiap hari dan setiap saat manusia melakukan aktifitas komunikasi antarpribadi, berbicara dengan anggota keluarga, tetangga, dan rekan sejawat. Pada saat berbicara dengan diri sendiri, meyakinkan diri dalam memutuskan sesuatu, manusia melakukan komunikasi intrapribadi. Pada sebuah organisasi, manusia memecahkan masalah atau mengembangkan ide-ide atau inovasi, saling berinteraksi dalam komunikasi kelompok atau organisasi. Jika berinteraksi dengan pihak lain yang mempunyai latar belakang budaya berbeda, maka manusia sudah melakukan komunikasi antarbudaya.
2.      Prinsip
Media komunikasi sangat berperan di dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman yang serba modern ini sangat canggih. Teknologi telekomunikasi paling dicari oleh semua orang, untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita sebab teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, akurat, tepat, mudah, murah, efektif serta efisien. Berbagi informasi antar negara dan benua di belahan dunia manapun semakin sekarang semakin mudah.

2.3. Model, Bentuk, Jenis dan Unsur – unsur Komunikasi Media

1.      Model
Agar pesan yang disampaikan komunikator sampai pada komunikan, dibutuhkan saluran dan media komunikasi . Saluran komunikasi lebih identik dengan proses berjalannya pesan, sedangkan media komunikasi lebih idrntik dengan alat( benda) untuk menyampaikan.
Media komunikasi berupa teknologi dilihat dari jumlah target komunikannya dapat dibedakan atas dua jenis :
a.       Media massa
media massa adalah media yang berkaitan dengan penyampaian pesan . Pesan tersebut berhubungan dengan banyak orangyang membutuhkan pesan dan informasi yang berhubungan dengan apa yang terjadi pada sedikit orang diantara orang banyak itu . misalnya , informasi berupa gunung meletus yang terjadi di sebuah kabupaten dapat diterima kepada seluruh warga masyarakat di sebuah negara atau bahkan dinegara lainnya, tergantung daya jangkau media massa tersebut.
Media massa dilihat dari waktu terbitnya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
1.      Media massa periodik
Media massa periodik adalah media massa yang terbit secara teratur pada waktu- waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Media massa periodik dibedakan atas ;
a)      Elektroonik ( radio dan TV)
b)      Nonelektronik atau cetak ( surat kabar,dan majalah )
2.      Media massa non periodik
Media massa nonperiodik dimaksudkan pada media yang bersifat eventual , tergantung pada event  tertentu . Setelah event usai, selesai pulalah penggunaannya. Untunk itu media massa nonperiodik dapat dibedakan atas manusia( juru kampanye atau sales ptomotion gril ) dan benda ( poster, spanduk, dan leaflet).
Dilihat dari sifatnya, non-media massa dapat dibedakan menjadi dua :
1)      Media manusia : manusia sebagai penyampai pesan karena pesan tidak bisa dilakukan secara tatap muka sehingga dikirimkanlah manusia sebagai media penyampai pesan, misalnya kurir pembawa pesan; dan
2)      Media benda: yang dapat dibedakan atas elektronik ( telepon, faksmile) dan yang nonelektronik ( surat) . Dan untuk saat ini ada media yang dikenal dengan sebutan media multimedia yaitu komputer dan internet . Dikatakan multimedia karena hampir seluruh bentuk media komunikasi yang telah dikenal manusia menyatu dalam perangkat elektronik digitalnya .

2.      Bentuk
Media komunikasi terbagi  berdasarkan bentuknya, yaitu
a.       Media cetak : merupakan berbagai macam barang yang dicetak dan bisa dipakai sebagai sarana untuk menyampaikan suatu pesan informasi, seperti: surat kabar/koran, brosur, buletin, dan lain sebagainya.
b.      Media audio : merupakan suatu bentuk media komunikasi yang penerimaan informasinya hanya dapat tersampaikan melalui indra pendengaran, contohnya: radio
c.       Media visual : merupakan suatu bentuk media komunikasi yang penerimaan pesan informasinya hanya dapat tersampaikan melalui indra penglihatan, contohnya: foto
d.      Media audio visual : merupakan suatu bentuk media komunikasi yang dapat dilihat sekaligus didengar, jadi untuk mengakses pesan informasi yang disampaikan memakai indra penglihatan dan juga indra pendengaran, contohnya: televisi, video

3.      Jenis
Di dalam media komunikasi yang di miliki setiap orang, mereka berharap dapat memiliki atau mengetahui tentang apa saja informasi yang ada di sekitarnya saat itu juga.
Dalam media komunikasi yang baik dapat membuat informasi yang di kandungnya menjadi bermakna dan bertujuan baik serta dapt dengan mudah di terima oleh orang lain. Meida komunikasi sendiri di bagi menjadi beberapa jenis yang di kelompokkan menjadi beberap kelompok.
Pembagian kelompok atau jenis media komunikasi berdasar kepada beberap aspek yang menyangkut media komunikasi tersebut. Untuk dapat mengerti lebih lagi tentang apa itu jenis media komunikasi akan di jelaskan sebagai berikut.
A.    Jenis-Jenis Media Komunikasi
Media komunikasi memiliki beberapa jenis yang di bagi berdasarkan beberapa kriteria seperti berdasarkan fungsi, bentuk, dan jangkauannya. Berikut adalah pembagian kelompoknya akan di jelaskan sbeagai berikut
a.       Berdasarkan Fungsinya
Jenis media komunikasi yang di kelompokkan atau di dasarkan kepada fungsinya diantaranya adalah sebagai berikut
b.      Fungsi Produksi
Jenis media komunikasi ini dapat menghasilkan segala macam bentuk informasi seperti aplikasi pengolah kata pada komputer atau word processor.
c.       Fungsi Penyimpanan Informasi
Jenis media komunikasi ini dapat di gunakan untuk menyebarkan dan dapat menyampaikan pesan kepada para komunikasn yang menjadi target seperti telephone, tax, handphone, dan yang lainnya.
d.      Fungsi Reproduksi
Jenis media komunikasi ini dapat di gunakan untuk membuat dan juga menggandakan informasi seperti video tape dan audio tape recorder.

Jenis komunikasi bermedia berdasarkan bentuknya
Jenis media komunikasi ini di kelompokkan berdasarkan kepada bentuknya diantanaya
1.      Media Cetak
Merupakan jenis media komunikasi yang berbentuk barang cetak yang di gunakan menjadi sarana informasi atau penyampaian pesan seperti brosur, surat kabar, dan yang lainnya.
2.      Media Audio
Merupakan jenis media komunikasi yang berbentuk audio sebagai sarana komunikasi yang menggunakan indra pendengaranuntuk menerimanya seperti radio, dan lain-lain.
3.      Media Visual
Merupakan jenis media komunikasi yang berbentuk vusial dengan penyampaian informasi menggunkan indra pengelihatan seperti televisi, gambar, dan lainnya.
4.      Media Audio Visual
Merupakan jenis media komunikasi yang dapat di lihat dan dapat di de;ngar juga dalam penyampaian pesan informasinya menggunakan indra pengelihatan dan juga pendengaranseperti video, televisi, dan yang lainnya.

2.4. Komunikasi Sebagai Ilmu Multidisiplin

            Prof. Dr. H. hafied Canggara,M.Sc. bahwa  Sebagai ilmu yang dapat diterapkan dalam hidup bermasyarakat, komunikasi telah lama menarik perhatian para ilmuan dari luar bidang komunikasi sendiri. Mereka adalah umumnya adalah pakar yang mempunyai nama dibidangnya, hasil mereka yang lakukan, selain mendukung bidang kepakarannya, juga telah memberi sumbangan yang tidak kecil terhadap kelahiran ilmu komunikasi sebagai kajian ilmiah. Komunikasi Sebagai ilmu yang multidisiplin sejak dulu telah dikembangkan oleh banyak para ilmuwan yang berasal dari luar bidang komunikasiHal ini membuktikan begitu luasnya cakupan ilmu komunikasi, hingga segala aspek kehidupan nyaris tidak bisa lepas dari komunikasi. Awalnya, Dalam penerapannya masing-masing disiplin ilmu itu menggunakan komunikasi untuk tujuan yang disesuaikan dengan bidangnya masing-masing. Misalnya, para psikolog meneliti komunikasi sebagai  jenis perilaku tertentu yang didorong oleh proses-proses psikologi yang berbeda. Begitu juga para sosiolog memfokuskan pada masyarakat dan proses sosial, serta melihat pula komunikasi sebagai salah satu faktor sosial yang penting dalam masyarakat. Kemudian para antropolog yang biasanya tertarik pada kebudayaan memperlakukan komunikasi sebagai sebuah faktor yang membantu mengembangkan, mempertahankan, dan mengubah kebudayaan.

2.5. Perkembangan  Terkini Komunikasi Bermedia

            Komunikasi media pada saat ini sangat pesat perkembangannya, semuanya manusia sekarang pernah menggunakan komunikasi media, seperti berkomunikasi di facebook, line, instagram, bbm dll. Tapi sebagian mereka salah mengartikan komunikasi bermedia ini, mereka menggunakan komunikasi ini untuk hal yang jahat dan berdampak buruk kepada pengguna lainnya. Criminal juga terjadi lewat komunikasi media ini.

2.6. Keahlian Berkomunikasi Bermedia

            Keahlian komunikasi bermedia ini ialah bisa berkomunikasi dengan orang yang sangat jauh dengan kita, orang yang tidak kita kenal dan orang bisa mendapat jodoh dalam komunikasi ini. Dan keahlian ini salah dipergunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.



BAB III



PENUTUP

3.1 Kesimpulan

            Komunikasi Massa berusaha menelaah hubungan timbal balik antara media massa dan masyarakat. Sosiologi komunikasi massa sangat tertarik untuk melakukan analisis sosiologis mengenai fenomena sisi histori, fungsi, eksistensi, dan dampak media massa sebagai lembaga sosial yang bersifat dinamis. Dalam konteks Indonesia misalnya, kita bisa memperkarakan banyaknya tayangan film dan sinetron bertema seks, kekerasan, dan dunia mistik, yang diyakini tidak mencerahkan, tetapi justru menyesatkan masyarakat.

3.2.  Saran

            Diharapkan kepada semua yang mempunyai anak, jaga dan didik ia karena sekarang criminal dan hal yang tak lazim di lihat oleh anak di bawah umur itu sudah masuk ke semua media, jika kita ingin melihat anak kita ketika besmenjadi orang yang sukses, maka jaga ia, didik ia dengan sepenuh hati.


DAFTAR PUSTAKA

Internet


0 komentar:

Posting Komentar